SHARE

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) adalah salah satu penerbit terbesar di Indonesia. Mereka juga punya jaringan toko buku sendiri. Jadi, tidak berlebihan jika naskah kita bisa diterbitkan oleh penerbit ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa. Menjadi kebanggaan tersendiri juga,  karena banyak penulis top di Indonesia yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia, seperti Tere Liye, A. Fuadi, Ika Natassa, dan masih banyak lagi.

Bisa diterbitkan naskah kita di penerbit Gramedia mungkin menjadi impian banyak orang, termasuk saya. Awalnya saya tidak punya keberanian untuk mengirimkan naskah ke sana.  Mental saya belum terbentuk, dan saya harus mengukur diri. Rasa-rasanya saya belum pantas mengirimkan naskah ke Gramedia, mengingat saya masih belajar menulis, ujar saya pada waktu itu. Seiring perjalanan waktu, saya kemudian berkata inilah waktunya mengirimkan naskah ke sana.

Bukan karena bagus atau apapun itu, tapi saya merasa itulah waktunya untuk mengirimkan naskah ke Gramedia. Mental saya sudah cukup, dan saya rasa tingkat kepercayaan diri juga sedang tumbuh-tumbuhnya, seiring waktu berjalan. Saya kemudian memberanikan diri untuk mengirimkannya. Dan selang dua bulan, editornya memberi tahu bahwa naskah saya diterima dan hendak diterbitkan. Saya cukup bahagia waktu itu.

Bagi yang mau mencoba mengirimkan naskahnya,  berikut tiga langkah dari saya:

Pertama, pastikan tema atau genre naskah Anda sesuai dengan selera Gramedia. Cara mengetahuinya adalah melihat buku-buku terbitan Gramedia baik di internet maupun toko buku. Kalau kita lihat buku-buku yang sudah diterbitkan Gramedia, memang hampir semua genre diterbitkan, seperti fiksi, berupa novel dan kumpulan puisi, dan nonfiksi berupa motivasi, inspirasi, manajemen, keislaman, dan lain-lain. Artinya naskah apapun yang Anda tulis ada peluang bisa diterbitkan di Gramedia.

Pada waktu saya menulis buku Hidup, Cinta, dan Bahagia, saya sudah memproyeksikan bahwa buku ini akan saya tawarkan ke penerbit Gramedia. Saya cari buku-buku sejenis baik yang diterbitkan di Gramedia maupun bukan. Kemudian saya ikuti gaya-gayanya, sehingga buku itu memang layak diterbitkan oleh penerbit mayor, terutama oleh Gramedia.

Kedua, tulis naskah Anda semaksimal mungkin. Baik dari segi konten maupun cara penyajiannya. Dari segi konten, di antaranya pembahasannya lengkap, mendalam, dan analitis. Jadi tidak hanya data saja yang dipaparkan, tanpa ada analisis atau refleksinya. Dari segi penyajian, teknik menulisnya harus menarik, tidak monoton, dan tidak menggurui. Jadi pembaca tidak akan bosan untuk membacanya. Buku Hidup, Cinta, dan Bahagia, saya coba tulis seperti itu kriterianya.

Ketiga, membuat surat pengantar yang isinya berupa sinopsis, kelebihan naskah, serta peran Anda selaku penulis. Sinopsis yang Anda buat cukup dua paragraf yang menggambarkan keseluruhan naskah Anda. Setelah itu tulislah kelebihan naskah Anda baik dari segi isi maupun gaya bahasa. Terakhir, jelaskan pula apa saja yang Anda lakukan apabila buku Anda diterbitkan, sehingga bisa membantu penjualannya. Semua itu Anda tulis dengan keyakinan bahwa naskah Anda memang pantas diterbitkan oleh Gramedia.

Setelah ketiga langkah di atas sudah terpenuhi, silakan kirim naskah Anda ke email fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers. Bagi yang ingin mengirimkan naskah nonfiksi bergenre motivasi dan inspirasi Anda bisa langsung mengirimkan naskahnya ke email editornya langsung, yaitu amie@gramediapublishers.com.

Selamat mencoba. Semoga sukses.

LEAVE A REPLY