SHARE

Sebagai trainer kepenulisan, tak ada yang lebih membahagiakan selain melihat para peserta berhasil menerbitkan karyanya, baik berbentuk artikel maupun buku. Untuk menulis artikel yang kriterianya dua halaman spasi satu atau sekitar 800 kata, bisa mereka tulis hanya beberapa jam saja. Kadang mereka senyum-senyum sendiri melihat hasil jerih payahnya; senyumnya bisa dimaknai dua hal: Pertama, “Aku tidak menyangka ternyata aku bisa menulis dan menghasilkan satu artikel,” kedua, “Tulisanku lucu, hihi…”

Artikel yang mereka tulis kemudian saya bukukan menjadi antologi (karya bersama) di penerbit yang saya kelola bernama Maghza Pustaka. Dengan karya ini mereka sudah membuktikan bahwa mereka mampu menulis artikel yang layak dibaca oleh orang lain. Selain itu, karya ini juga menjadi kenangan bahwa mereka pernah menulis bersama dalam satu buku. Kebersamaan dalam wujud buku tentu punya nilai tersendiri yang mungkin sulit terulang kembali. Tentu hal itu juga bisa menambah portofolio mereka dalam bentuk karya tulis.

Berikut buku antologi (kumpulan artikel) para peserta workshop yang sudah terbit, baik yang pernah diadakan di Bali, Kendari, Sorong, Aceh, maupun Wonogiri:

Sedangkan menulis buku biasanya mereka membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Pada proses selama tiga bulan itu saya tetap membimbingnya secara online. Ada juga yang sampai lebih dari tiga bulan, namun saya tetap membimbingnya, asalkan mereka punya komitmen untuk menyelesaikan naskahnya. Bagaimanapun juga saya ingin karya mereka bisa terbit. Dia bahagia, saya juga bahagia.

Setiap mengisi pelatihan, puncak target saya memang melatih mereka agar bisa menulis hingga terbit, di samping memberikan motivasi dan memberikan sudut pandang dunia kepenulisan. Tapi, tentu saja, target itu juga harus dibarengi kerelaan mereka untuk berusaha secara maksimal. Jadi dalam hal ini kedua belah pihak harus sama-sama berusaha untuk mencapai target tersebut. Bahkan boleh dikatakan perbandingannya 30/70 persen. 30 persen usaha dari saya selaku trainer, 70 persen usaha dari pesertanya.

Berikut sebagian karya para peserta yang pernah saya latih di beberapa workshop:

Mari kita berlatih menulis hingga terbit!

Bagi yang tertarik untuk mengadakan pelatihan menulis silakan WhatsApp saya di nomor 085729636582.

Salam literasi.

M. Iqbal Dawami

LEAVE A REPLY