SHARE

Salah satu karya ilmiah yang wajib dilakukan mahasiswa adalah menulis makalah. Biasanya dosen akan memberi tugas kepada para mahasiswanya untuk menulis makalah sesuai tema yang diberikan, baik makalah individu maupun kelompok. Dan pada umumnya seorang dosen sudah memberikan gaya selingkung (style guide) atau kriteria penulisannya, seperti ukuran margin, jumlah halaman, jenis dan ukuran font, dan lain-lain.

Bayangkan, setiap semester seorang mahasiswa akan terus bertambah karya ilmiahnya yang berupa makalah tersebut. Jika satu semester ada 6 makalah, maka hingga semester 6 akan ada 36 makalah. Dan jika 1 makalah terdiri 7 halaman dikalikan 36 makalah, maka mahasiswa tersebut sudah menulis 252 halaman. Dengan jumlah makalah dan dengan ketebalan seperti itu, artinya kumpulan makalah itu sudah bisa diterbitkan dalam bentuk buku. Tentu saja bisa ber-ISBN.

Cara lainnya adalah seorang dosen bisa berinisiatif untuk mencari makalah-makalah yang sesuai dengan tema yang diusung. Temanya bisa diambil dari RPP atau silabus yang sudah dibuat sang dosen. Jadi dosen mudah menyusunnya. Misalnya, seorang dosen pengampu mata kuliah Tafsir Tarbawy di sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), khususnya Fakultas Tarbiyah, dia sudah bisa memperoleh makalah dari para mahasiswanya dari silabus yang dia buat, seperti: tentang potensi manusia, pola kepribadian, belajar-mengajar, pendidikan, metode pengajaran, dll. Nanti sang dosen tinggal membuat Kata Pengantarnya. Simpel, bukan?

Menerbitkan kumpulan makalah menjadi sebuah buku manfaatnya tentu menjalar kepada berbagai pihak. Para mahasiwa senang makalahnya diterbitkan jadi buku, yang bisa dijadikan portofolio mereka. Dosen juga senang dapat mengantarkan mahasiswanya menerbitkan makalahnya. Tentu saja hal ini juga bisa menjadi kebanggaan bagi jurusan, fakultas, bahkan kampus tersebut. Buku para mahasiswa tersebut bisa menjadi selling point bagi kampusnya, yang belum tentu ada di kampus lain.

Buku mereka bisa dijadikan arsip/dokumentasi pribadi dan kampus, maupun dijual secara online. Jika Anda tertarik menerbitkannya, penerbit Maghza Pustaka siap membantu mewujudkannya. Anda bisa WA saya di nomor 085729636582 atau email iqbal.dawami@gmail.com.

Selamat berkarya.

Terima kasih.

M. Iqbal Dawami

LEAVE A REPLY