SHARE

Ada satu fitur di MS Word yang sangat membantu dalam proses mengedit naskah. Kalau di lingkungan penerbitan lumrah dilakukan, meskipun mungkin tidak semua menggunakannya. Tapi, di lingkungan kampus barangkali belum banyak menggunakannya (untuk tidak mengatakan tidak ada. Karena, jangankan menggunakan fitur tersebut, bimbingannya saja menggunakan hardcopy alias harus diprint terlebih dahulu naskahnya). Padahal, fitur ini sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun para dosen pada saat melakukan bimbingan karya ilmiah, baik makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi.

Di lingkungan penerbitan, fitur ini kerap digunakan oleh editor pada saat mengedit sebuah naskah. Editor merasa nyaman dengan fitur ini, dan penulisnya pun bisa mengetahui apa saja yang telah diedit naskahnya.

Fitur tersebut bernama Track Changes. Letaknya ada di kolom Review. Setelah meng-klik tools Review, maka akan terlihat beberapa fitur. Adapun fitur Track Changes ada tiga bagian, yaitu Comments, Tracking, dan Changes.


Terus bagaimana cara menjalankannya?

Gampang sekali. Anda cukup meng-klik ikon Track Changes-nya, setelah itu Anda sudah bisa menggunakannya. Setelah mengaktifkan Track Changes, setiap Anda melakukan apapun yang ada di dalam naskah, akan kelihatan jejaknya. Umumnya berwarna merah. Begini contohnya yang saya ambil dari editan saya atas naskah Habis Galau Terbitlah Move On (2014) karya J. Sumardianta.

 

 

Kata “ adalah” dan “Ia mengisahkan” merupakan kata-kata tambahan dari editor. Sedangkan “Kisah” adalah kata penulis yang dihapus oleh editor.

Apabila mau memberi komentar, misalkan ada yang hendak ditanyakan kepada penulisnya, atau hendak memberi saran, Anda cukup meletakkan kursor di huruf, kata, kalimat, atau paragraf yang hendak Anda beri komentar, kemudian klik ikon New Comment di samping kiri ikon Track Changes. Maka muncullah kolom komentar di samping teks yang bisa Anda isi.

Dengan menggunakan Track Changes, penulis maupun yang membaca editan Anda menjadi tahu setiap perubahan yang ada di dalam naskahnya. Apabila editan Anda disetujui, maka penulis maupun editor in house (jika posisi Anda editor freelance), cukup meng-klik ikon Accept (samping kanan ikon Track Changes), terus pilih Accep All Changes in Documents.

Tapi, jika kemudian sebaliknya, alias editan Anda ditolak, penulis atau editor in house cukup meng-klik ikon Reject.

Apabila ingin menghapus secara pilah-pilih, tinggal klik Reject and Move to The Next.

Jika ingin mengapus keseluruhan hasil editannya, maka tinggal klik Reject All Changes in Document.

Selesai sudah. Praktis, bukan?

Selamat mencoba.

 

LEAVE A REPLY